12 Jan 2012


Siapkah Kita Beralih ke LED?

Sederet kelebihannya rupanya tidak lantas membuat LED diminati, Padahal produk lampu berdesain cantik yang menggunakan bola lampu LED sudah banyak di pasaran. Edukasi mengenai betapa canggih dan hemat energinya teknologi LED sudah gencar dilakukan oleh beragam vendor, seperti Philips, Osram. Kenapa? Ternyata Harga masih menjadi masalah utama


Untuk sebagian besar masyarakat, dimana bagi mereka biaya masih menjadi salah satu pertimbangan utama dalam membeli sebuah barang, harga lampu LED yang masih tergolong tinggi tentu menjadi penghalang.

Teknologi LED memang sudah seharusnya mulai dikenal baik oleh masyarakat umum, bukan hanya oleh lighting designer, arsitek, atau desainer interior. Sudah waktunya pula, LED tidak hanya menghiasi gedung-gedung tinggi, hotel, atau bangunan publik lainnya. Terlebih jika dikaitkan dengan usaha menghemat konsumsi listrik dan desakan untuk mulai menggunakan teknologi hijau.

Daripada terus menerus menjejali masyarakat dengan kecanggihan, manfaat, dan hal-hal positif LED, kemudian meminta mereka membeli, seperti yang banyak dilakukan oleh produsen-produsen lampu, ada baiknya pertimbangkan kesiapan masyarakat, terutama dalam hal ekonomi. Bukan lantas berhenti mengedukasi, kita bisa memberikan trik sederhana, bagi mereka yang berminat beralih ke LED, tanpa harus menguras kantong.


Jika budget tidak memungkinkan untuk mengganti seluruh bola lampu dengan LED, ganti beberapa saja. Pilih area atau ruang yang membutuhkan penerangan lampu dalam waktu lama, misalnya area yang tidak banyak terkena sinar matahari, padahal banyak aktivitas terjadi di sana. misalnya area ruang tamu atau teras.


Dengan demikian masyarakat tidak akan buru-buru mengecap LED sebagai lampu untuk orang kaya, karena harganya yang relatif mahal. Mengganti satu atau dua bola lampu dengan LED, bisa dilakukan siapa saja, tidak cuma mereka yang berkantong tebal. Semakin banyak yang merasakan manfaat LED, semakin mudah teknologi baru ini diterima masyarakat. Semakin mudah mereka menerima, maka LED akan semakin massal produksinya, Semakin massal. maka akan menjadi semakin murah..

Untuk kedepannya, dapat dipastikan lampu LED akan menggantikan LHE. sama seperti LHE menggantikan lampu pijar. padahal harga LHE bisa sampai 10x kali lipat lebih tinggi daripada lampu pijar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar